Monday, May 18, 2015

Proses Pemasangan Besi Tulangan Sloof dan Kolom Rumah Lantai 2

Proses Pemasangan Besi Tulangan Sloof dan Kolom untuk bagunan rumah desain minimalis modern rumah impian lantai 2 saya dengan menganut konsep rumah tumbuh telah selesai dilakukan, dalam artikel ini saya ingin berbagi informasi dan pengalaman selama Proses Pemasangan Besi Tulangan Sloof dan Kolom ini berlangsung.

Proses Pemasangan Besi Tulangan Sloof dan Kolom dilakukan jika kebutuhan besi tulangan sloof dan tiang kolom sudah dirasa cukup. Proses Pemasangan Besi Tulangan Sloof dan Kolom dilakukan  oleh tukang yang berpengalaman dan mengerti tetang konstruksi bangunan rumah dua lantai. Besi tulang sloof yang saya rangkai sendiri menurut saya cukup dengan rencana kebutuhan total sekitar 43 m ternyata tidak benar alias kurang. Hal ini terjadi karena saya menghitung kebutuhan besi tulangan untuk ukuran bersih, sedangkan jika kita menganut konsep rumah tumbuh kita harus melebihkan sekitar 1 m tiap besi tulangan pada batas sambungan yang berguna untuk stek kelanjutan pembangunan berikutnya.

A d v e r t i s e m e n t s

Inilah salah satu kekurangan menganut konsep rumah tumbuh, ada sedikit pemborosan pada bahan material besi untuk tulangan. Kejadian ini bukan hanya terjadi pada rangkaian besi tulangan sloof tetapi juga pada rangkaian besi tulangan kolom atau tiang bangunan. Tiang rumah lantai 1 rencananya tingginya 4 m dan saya hanya merangkai besi tulangan untuk tiang juga hanya 4 m seharusnya minimal 5 m atau bagusnya 5,5 m, karena 1 m untuk stek bagian atas dan 0,5 m untuk  bagian bawah, info ini saya dapatkan dari tukang yang bekerja.

Proses Pemasangan Besi Tulangan Sloof dan Kolom dikerjakan oleh dua orang tukang dengan satu pekerja (kenek), tugas tukang saya perhatikan adalah membuat mal atau mensetting ukuran dan kesikuan dari besi tulangan yang dipasang.

Bahan bahan material apa saja yang harus kita siapkan, jika besi tulangan sudah dirangkai maka kita hanya menyediakan kawat beton saja, tetapi jika kita belum merakitnya maka kita siapkan besi-besi ukuran atau diameter 10 mm, 8 mm sebagai besi tulangan pokok sedangkan besi cincin atau sengkang kita gunakan besi diameter 6 mm sesuai dengan gambar rencana kita.

Dokumentasi Video Proses Pemasangan Besi Tulangan Sloof dan Kolom :

Proses Pemasangan Besi Tulangan Sloof dan Kolom selesai dikerjakan dalam waktu 2 hari.

A d v e r t i s e m e n t s

Search Engine Keyword:

pemasangan sloof, besi kolom, konstruksi rumah, konstruksi rumah 2 lantai, konstruksi bangunan 2 lantai

No comments:

Post a Comment